Wakil Ketua Komisi V DPR Minta BMKG Masifkan Sosialisasi Prediksi Cuaca Antisipasi La Nina

Wakil Ketua Komisi V DPR Minta BMKG Masifkan Sosialisasi Prediksi Cuaca Antisipasi La Nina

admin October 15, 2020

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie mengingatkan jajaran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara masif mensosialisasikan prediksi cuaca kepada masyarakat. Menurutnya, pembaharuan informasi cuaca sangat dibutuhkan masyarakat, agar bisa mempersiapkan diri menghadapi potensi hujan setiap hari. Terlebih, kata Syarief, intensitas musim hujan tahun ini diprediksi tidak wajar dan berintensitas lebih tinggi antisipasi adanya fenomena La Nina.

"Jadi masyarakat tidak putus dengan informasi itu," ujar Syarief dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (15/10/2020). Syarief menyebut, banyak cara yang bisa dilakukan BMKG memberikan informasi prediksi cuaca kepada masyarakat. Salah satunya, memanfaatkan teknologi telekomunikasi.

"Masyarakat Indonesia rata rata sudah punya handphone dan punya aplikasi untuk itu. Sehingga, semua itu harus dijadikan sarana menginformasikan setiap waktu," kata Syarief. Selain itu, Syarief juga mendorong Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mempersiapkan berbagai antisipasi menghadapi curah hujan yang sangat tinggi tahun ini. "Persiapan maksimal harus dilakukan Basarnas dan Pemda, demi meminimalkan resiko terjadinya dampak bencana akibat La Nina," ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *