Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Tidak Pakai Mesin Sigra

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Tidak Pakai Mesin Sigra

admin July 24, 2021

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Tidak Pakai Mesin SigraToyota – Raize dan Daihatsu Rocky diluncurkan di Indonesia, 30 April 2021. Jika melihat data spesifikasi untuk produk global. Kedua merek tersebut menggunakan mesin yang sama, yakni jantung mekanis turbo 1,0 liter. Tapi ada sesuatu yang istimewa untuk pasar di sini.

Pabrikan menghadirkan varian mesin naturally aspirated 1.2 liter. Banyak penonton yang mengira, ia menggunakan mesin dari Daihatsu Sigra, konfigurasi 4 silinder. Ternyata menurut prediksi kami, kedua mesin tersebut berbeda. Ada juga gearbox manual 5-percepatan.

Jika varian tersebut dirasa kurang bertenaga. Tipe DOHC plus turbo boost. Mesin sedang menenggak bensin dengan sistem penyemprotan injeksi ke dalam ruang bakar. Kemudian torsi puncak 140 Nm, tersedia dari 2.400 hingga 4.000 rpm. Semua mesin bersertifikat Euro 4.

Nah, penggunaan transmisi D-CVT ini baru pertama kali ada di kendaraan Toyota. Saluran ini menambahkan gigi terpisah di penggerak sabuk CVT yang ada. Kemudian gunakan penggerak sabuk dan roda gigi pada kecepatan tinggi untuk meningkatkan efisiensi transmisi. Selain itu diklaim juga memberikan efisiensi bahan bakar dan keheningan pada kecepatan tinggi.

Outputnya disalurkan ke roda depan (FWD) atau keempat roda (4WD). Khusus untuk pasar Indonesia, hanya tersedia FWD. Mengacu pada data global, penggerak depan bisa mencapai 18,6 km/liter dalam siklus uji WLTC. Sedangkan model all-wheel drive mencapai 17,4 km/liter. Cukup hemat di kelasnya. Keduanya begitu dicintai di Jepang. Ada sejumlah poin utama yang melambungkan popularitas.

Ukuran kompak, sangat cocok untuk mobilitas perkotaan. SUV kompak ini menawarkan kapasitas bagasi 369 liter. Sehingga memungkinkan bagasi besar atau panjang untuk dimuat. Selain itu bisa juga dikatakan dapat menghasilkan ruang interior yang sangat nyaman.

Untuk sistem redaman, Raize – Rocky menggunakan Struts MacPherson sebagai suspensi depan. Sedangkan Torsion Beam digunakan untuk menopang roda belakang. Ramuan ini telah dikembangkan dengan formulasi baru.

Bentuknya dioptimalkan, pengurangan bobot dan posisi sudut penyangga diperbarui. Pabrikan mengklaim, rekayasa ini memberikan pengendaraan yang stabil dengan guncangan minimal. Bahkan dengan cepat menetralisir getaran atau benturan dari permukaan jalan yang terlindas.

Varian tertinggi (Mobil Raize GR Sport) memiliki teknologi keselamatan terkini. Dilengkapi dengan fitur keselamatan Smart Assist terbaru. Kemudian Fungsi Pencegahan Mulai Salah dengan kontrol pengereman.

Berfungsi sebagai pencegah kesalahan menekan pedal gas dan rem, maju dan mundur. Adaptive Cruise Control dengan All Speed ​​Tracking juga tersedia. Anda bisa terbang sendiri, tanpa menginjak pedal dan bisa menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Lalu ada Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, Lane Departure Assist with Steering Assist, plus 6 airbag.

Jika dilihat secara visual keduanya menjadi ciri khas masing-masing merek. Raize memakai gril trapesium besar yang disemprot cat hitam. Sudut-sudut kedua sisinya berbentuk bujur sangkar, berpadu dengan tonjolan bemper depan.

Lampu kabut bundar disertai dengan lampu strip LED di atasnya. Dalam gambar yang bocor, semua spatbor ditutupi plastik gelap, terhubung dengan side skrit di seluruh bodi. Sedangkan Rocky menggunakan grid segi enam di atas.

Kesan sosok crossover begitu kental. Aplikasi spion dan floating roof serba hitam diberikan, agar mendapatkan karakter yang menonjol. Di bawahnya, pelek dual tone lima palang dipasang untuk mempermanis tampilan.

Daihatsu Rocky mengusung velg berukuran 17 inci yang dibalut ban 195/60 R17. Setidaknya Raize memiliki ukuran yang sama. Tingkat pembelian lokal (lokal pembelian komponen) mencapai 70 persen. Sehingga mereka juga mendapatkan diskon PPnBM dari pemerintah. Korelasinya lagi, dengan besarnya harga jual on the road Jakarta bisa lebih murah. Untuk harga resminya diperkirakan sekitar Rp. 200 juta.

Toyota Raize 1.0 Kapasitas Oli Mesin Berapa?

Salah satu primadona baru dari Toyota adalah Raize. Mobil ini boleh jadi menggantikan Avanza sebagai mobil dengan status sejuta umat. Bagaimana tidak, meski hanya menggunakan mesin 1.000 cc 1KR-VET, mobil ini nyatanya memiliki tenaga yang besar karena hadirnya turbocharger.

Dalam hal penjualan, Toyota biasanya akan memberikan jaminan kepada konsumen. Mulai dari penggantian oli awal hingga pengecekan semua sistem. Rata-rata hingga 3 tahun mulai mobil. Ini juga pasti berlaku untuk Toyota Raize.

Mesin ini tentunya bukan mesin sembarangan yang menggunakan oli. Masalahnya terkadang, entah karena alasan waktu atau alasan lain, penggantian oli mesin sering dilakukan oleh pemiliknya sendiri. Nah, kali ini kita perlu mengetahui jumlah atau kapasitas oli mesin Toyota Raize.

Karena Toyota Raize menggunakan mesin 1.0 untuk yang dilengkapi turbo, maka jumlah oli mesin berkisar 2,6 liter tanpa mengganti filter oli dan 3,0 liter jika disertai dengan mengganti filter oli. Namun, memeriksa jumlah oli di mesin menggunakan dipstick oli adalah wajib. Ini memastikan oli yang cukup di mesin mobil.

Demikian pembahasan mengenai toyota raize dan daihatsu rocky tidak pakai mesin sigra Toyota, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *