Tips Menabung untuk Menikah, Hanya untuk yang Benar-benar Serius!

Tips Menabung untuk Menikah, Hanya untuk yang Benar-benar Serius!

admin Mei 5, 2022

Di kota-kota besar seperti Jakarta, sekarang ini sudah tersedia wedding package Jakarta yang murah dan bisa Anda manfaatkan untuk membuat resepsi pernikahan impian bersama pasangan. Akan tetapi, kalau tidak Anda barengi menabung untuk mempersiapkannya, pasti akan terasa berat untuk kantong. Karena itu, yuk, cari tahu tips menabung untuk menikah!

Beberapa Tips Menabung untuk Menikah

Ada beberapa tips untuk Anda yang punya keinginan menikah dan menggelar resepsi impian. Berikut tips-tips yang perlu Anda lakukan jika ingin menabung untuk biaya pernikahan:

1. Tentukanlah Budget untuk Biaya Pernikahan

Ketika merencanakan sebuah pesta pernikahan bersama pasangan Anda, sangatlah perlu mengingat bahwa resepsi tersebut hanyalah gerbang pernikahan. Setelahnya, masih ada proses kehidupan bersama yang perlu Anda persiapkan dan pastinya akan banyak pengeluaran.

Misalnya saja, hunian, biaya makan sehari-hari, biaya anak, dan lain sebagainya yang perlu Anda penuhi. Karena itu, kalau bisa Anda perhatikan betul budget dari pernikahan itu kalau bisa dengan memandang hal-hal untuk kedepannya juga.

Anda perlu menentukan range biaya yang sebijaknya bisa Anda keluarkan nantinya hanya untuk resepsi ini. Jika merancang pembiayaan ini dengan bijak, Anda dapat mengukur pengalokasian dana yang ada.

2. Membuat Rekening Khusus

Tips menabung untuk menikah selanjutnya adalah Anda mulai membuat satu rekening baru untuk menabung. Jika memang Anda sudah punya pasangan dan telah serius untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya, koordinasikan rekening baru tersebut dan buat kesepakatan bersama.

Pasalnya, jika menyimpan di rekening yang bercampur justru membuat tabungan tersebut susah terkumpul. Adanya rekening baru ini, Anda juga jadi bisa memantau jumlah tabungan yang telah terkumpul. Jangan lupa untuk menentukan target nominal tabungan menikah bersama pasangan Anda!

3. Menentukan Sejak Awal Prioritas Bersama

Sebaiknya, rancanglah hal-hal prioritas yang Anda perlukan dalam resepsi tersebut bersama pasangan sejak awal. Ini sangat penting agar nanti budget yang akan Anda keluarkan bisa sesuai dengan range yang telah dibuat.

Pilah mana yang kebutuhan primer seperti catering, dekorasi, dan gedung atau tempat resepsi. Kalau hal-hal seperti membeli baju pengantin serta undangan bisa Anda siasati dengan menyewa serta membuat undangan online.

4. Mencari Referensi TempatĀ  dan Perlengkapan Pernikahan

Salah satu pengeluaran yang cukup menyita dana saat mengadakan pernikahan adalah tempat pernikahan serta hal-hal lain, seperti MUA dan busana. Anda harus mencari referensi mengenai hal-hal itu agar bisa tahu biaya yang akan keluar itu berapa.

Tidak hanya soal murah, kalau bisa Anda menentukannya berdasarkan pelayanan serta fasilitasnya. Apakah sesuai dengan budget yang keluar nantinya dengan pelayanan dan fasilitas yang Anda dapatkan?

Siap Menabung untuk Menikah?

Begitulah tips menabung untuk menikah yang bisa Anda terapkan agar bisa mewujudkan sebuah resepsi pernikahan impian. Kalau bisa lakukan hal-hal kecil secara mandiri, seperti membungkus souvenir, desain undangan atau hal-hal lainnya agar meminimalisir budget Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.