Tips LOLOS Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 16, Besaran Insentif yang Didapat & Cara Ikut Pelatihan

Tips LOLOS Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 16, Besaran Insentif yang Didapat & Cara Ikut Pelatihan

admin March 26, 2021

Berikut ini tips lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 16. Bagi para pendaftar yang lolos seleksi akan mendapatkan dana insentif. Dana insentif tersebut dibagi menjadi beberapa tahap.

Tahap pertama, peserta akan mendapat bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk mengikuti pelatihan Kartu Prakerja. Berikut ini tips lolos seleksi Kartu Prakerja

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 lalu, Program Kartu Prakerja sudah membuka puluhan gelombang hingga Maret 2021. Namun, masih banyak masyarakat yang mengeluhkan tak kunjung lolos seleksi. Apakah yang menyebabkan seseorang tidak lolos seleksi Kartu Prakerja?

Diketahui, pemerintah telah menetapkan beberapa ketentuan serta beberapa kriteria untuk masyarakat yang bisa lolos sebagai peserta Kartu Prakerja. Orang yang sudah menjadi peserta di periode sebelumnya tidak bisa kembali mendaftar di gelombang selanjutnya. Berikut daftar orang yang tidak bisa menjadi peserta Kartu Prakerja:

1. Pejabat Negara 2. Pimpinan dan Anggota DPR/DPRD 3. Aparatur Sipil Negara

4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia 5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia 6. Kepala Desa dan perangkat desa

7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada BUMD atau BUMN 8. Tidak sedang menerima bantuan lain dari pemerintah yakni bansos Kemensos (DTKS), penerima BSU atau BPUM atau penerima Kartu Prakerja 2020. Dengan demikian, bila Anda pernah menerima salah satu bantuan dari pemerintah berupa bansos Kemensos, bantuan subsidi upah (BSU), atau BLT UMKM, maka tidak akan lolos seleksi.

Agar lolos sebagai peserta Kartu Prakerja, pendaftar juga harus memastikan data data yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran akun sudah sesuai dengan yang diminta. Sehingga ketelitian saat mengisi data dan mengunggah foto sangat diperlukan selama proses daftar Kartu Prakerja. Kesalahan yang paling sering terjadi yakni keliru saat memasukkan NIK.

Selain itu, pendaftar juga harus memastikan nomor handphone serta email yang diinput saat mendaftar masih aktif. Pendaftar juga sebaiknya mengerjakan soal soal di dalam tes motivasi dan tes kemampuan dasar secara bersungguh sungguh selama 15 menit. Jika sudah mencoba beberapa cara di atas dan belum berhasil, bersabar saja dan terus berusaha agar bisa lolos di gelombang berikutnya.

Faktor keberuntungan atau hoki juga dianggap sangat menentukan kelolosan peserta. Bagi pendaftar yang lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 16, peserta akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Pastikan nomor telepon yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja aktif.

Sementara itu, peserta yang tidak lolos tidak akan mendapatkan SMS pemberitahuan. Penerima program Kartu Prakerja yang sudah lolos akan mendapatkan insentif sebagai berikut: Bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta

Dana insentif pasca pelatihan sebesar Rp 2,4 juta yang akan diberikan sebesar Rp 600.000,00 selama 4 bulan. Dana insentif pengisian 3 survei evaluasi sebesar Rp 150.000,00 yang dibayarkan sebesar Rp 50.000,00 setiap survei. Insentif akan didapatkan setelah peserta selesai melakukan pelatihan dan mengikuti survei.

Dengan demikian, peserta yang mengikuti Program Kartu Prakerja akan dapat bantuan total Rp 3.550.000,00 juta selama 4 bulan. Dana insentif pelatihan kemudian digunakan untuk mengikuti pelatihan Kartu Prakerja, berikut ini cara ikut pelatihan Kartu Prakerja yang dikutip dari Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id: 1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia

2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia 3. Sobat harus menonton video tentang Kartu Prakerja yang ada di dashboard sebelum membeli pelatihan pertama 4. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu

5. Beli pelatihan dan bayar dengan nomor Kartu Prakerja 6. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut Bagi pendaftar Kartu Prakerja yang belum lolos, dapat mencoba peruntungan di gelombang selanjutnya.

Sembari menunggu dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang selanjutnya, berikut tata cara dan syarat sebagaimana pendaftaran gelombang sebelumnya, dikutip dari halaman frequently asked questions (FAQ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *