Pentingnya Software Pengadaan Barang Digital Bagi Perusahaan

Pentingnya Software Pengadaan Barang Digital Bagi Perusahaan

admin October 23, 2021

Pengadaan barang bagi perusahaan adalah salah satu dari sistem yang penting. Karena didalamnya banyak melibatkan pengguna dari berbagai unit, tidak hanya unit produksi saja. Untuk mengatasinya, perusahaan dapat menggunakan software pengadaan barang digital.

Fitur Software Pengadaan Barang Digital

Penggunaan software pengadaan barang digital yang tepat akan dapat meningkatkan performa tenaga kerja dan produktivitasnya. Dengan bantuan perangkat lunak ini, manajemen dapat mengontrol arus keluar masuk inventaris produk secara transparan.

Fitur Sourcing

Fitur ini berguna untuk mencari dengan tepat barang-barang yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Penggunaan secara digital akan menghemat waktu dan tenaga.

Fitur dapat  dilengkapi dengan beberapa kategori lain yang dibutuhkan, misalnya adanya pilihan harga, asal pembuatnya, merek, dan opsi lainnya. Ditambah dengan adanya katalog barang, sehingga perusahaan dapat lebih leluasa untuk memilih barang yang  memenuhi spesifikasinya.

Fitur Negotiation

Jual beli tidak pernah bisa terlepas dari negosiasi atau tawar menawar barang. Penawaran dapat  berhubungan dengan harga, fasilitas, ataupun pengiriman. Mempunyai fitur ini tentu saja akan memberikan kemudahan bagi kedua belah pihak karena akan langsung dapat berkomunikasi.

Fitur 3 Way Matching

Fitur ini akan memastikan bahwa proses pengadaan barang berjalan transparan dan efektif bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya. Perangkat lunak dengan fitur ini dapat membantu pihak untuk menjalani 3 tahapan penting dalam pengadaan barang. Tahapan tersebut adalah pembayaran, pengiriman barang oleh penjual, dan pemberian serta penerimaan invoice oleh pembeli.

Fitur Budget Management

Kelengkapan fitur ini dapat membantu pihak manajemen perusahaan untuk mengontrol anggaran agar lebih efisien dan efektif dalam penggunaannya. Ditambah dengan kelengkapannya yaitu fungsi audit, kontrol anggaran, dan transaksi dapat dipantau secara real time.

Fitur Custom Approval

Tidak semua pengajuan barang dapat diberikan kemudahan dalam persetujuannya. Perusahaan dapat memberikan klasifikasi dalam pemberian approval-nya. Tingkat kepentingan persetujuan ini dapat digolongkan menjadi standar, urgent, dan top urgent. Dengan demikian, sistem akan dapat memilih mana pengadaaan yang harus didahulukan.

Perusahaan dapat meminimalisir kesalahan dalam pengadaan barang dengan menggunakan software pengadaan barang digital yang tepat. Sehingga produktivitas dan performa sumber daya akan meningkat dan menjadi maksimal. Salah satu penyedia software pengadaan barang digital yang mudah di gunakan adalah software dari Procurite.

Procurite menyediakan software e-procurement yang intuitif dan bisa membantu memudahkan proses procurement perusahaan Anda, baik sebagai buyer maupun seller.

Sudah banyak yang menggunakan Procurite dan merasa puas dengan berbagai fiturnya seperti 3 way matchingbid & auctiononline negotiation, dsb.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *