Menristek Harap Vaksin Merah Putih Bisa Kejar Bagian Akhir Vaksinasi Covid-19

Menristek Harap Vaksin Merah Putih Bisa Kejar Bagian Akhir Vaksinasi Covid-19

admin March 10, 2021

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro berharap vaksin Merah Putih bisa mengejar bagian akhir proses vaksinasi Covid 19 di Tanah Air. "Memang positioning dari vaksin merah putih ini nantinya adalah untuk kalau bisa mengejar bagian akhir dari proses vaksinasi saat ini," ujar Bambang, dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (10/3/2021). Bambang juga mengharapkan nantinya vaksin Merah Putih mampu dijadikan booster atau penambah imun setelah penurunan daya tahan tubuh pascavaksinasi.

"Dan sekaligus juga untuk mengantisipasi kemungkinan penurunan daya tahan tubuh yang ditimbulkan oleh vaksin setelah periode waktu tertentu," jelasnya. Karenanya, Bambang mengaku pihaknya mendukung upaya percepatan pengembangan vaksin Covid 19. Namun, aspek keamanan dan efektivitas dari vaksin tersebut tetap harus dikedepankan. "Jadi memang kami berupaya juga selain tentunya mengutamakan efikasi dan mengutamakan safety faktor waktu juga kami pertimbangkan supaya apa pun cara yang bisa mempercepat itu (produksi vaksin) kami akan dukung," kata dia.

"Meskipun sebagian mungkin tidak di bawah kendali kami yang lebih banyak di sisi hulu ya kalau di sisi hilir tentunya ini akan sangat tergantung utamanya kepada pabrikan yang utamanya saat ini dipegang BUMN," imbuhnya. Dia mengungkap untuk saat ini terdapat enam insitusi yang terlibat dalam pengembangan vaksin Merah Putih. Antara lain adalah Eijkman, Universitas Airlangga, Universitas Gadjamada, LIPI, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia.

"Ejikman yang kemungkinan akan paling cepat menyerahkan bibit vaksin ke pabrik dalam hal ini PT Bio Farma sebagai mitra," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *