Inilah 5 Cara Membasmi Rayap Terampuh

Inilah 5 Cara Membasmi Rayap Terampuh

admin June 13, 2021

Rayap merupakan spesies hama berjenis serangga yang kerap kali membuat kerusakan pada aset-aset berharga di rumah, seperti furniture, dokumen, dan lainnya. Meski tergolong serangga kecil, tetapi jika rayap dibiarkan bersarang di rumah, maka akan membuat kerusakan yang lebih parah lagi. Oleh karenanya, banyak orang yang mencari bagaimana tips atau cara membasmi rayap terampuh.

Mungkin sebelumnya Anda sudah mencari-cari bagaimana cara membasmi rayap di internet dan sudah menemukan banyak tips, namun tips tersebut tidaklah mempan. Bukannya rayap yang diharapkan hilang, malah jadinya terus bertambah dan merusak barang-barang kita.

Nah, bagi Anda yang sudah penasaran tentang bagaimana cara membasmi jenis hama tersebut, berikut 5 cara membasmi rayap paling ampuh dan paling sederhana yang patut untuk dicoba.

1. Mengatur Suhu Ruangan

Cara yang paling bagus untuk membasmi jenis hama tersebut adalah dengan mengatur suhu ruangan rumah. Perlu untuk diketahui, bahwa hama rayap adalah hewan yang tidak cocok berada di lingkungan yang ekstrem. Aturlah suhu ruangan menjadi lebih dingin atau lebih panas. Dengan begitu, rayap-rayap yang ada di rumah tidak akan betah dan memilih untuk mencari tempat baru.

Jika di rumah memiliki ruang ber AC, maka lebih baik untuk menyalakannya dan menaruh barang-barang berharga yang rentan dimakan rayap, seperti dokumen dan lainnya di sana. Adapun untuk barang-barang berat yang tidak mungkin dipindahkan dengan gampang akan di bahas di poin selanjutnya.

2. Menjemur Furniture

Jika memiliki barang-barang furniture yang berat yang tidak memungkinkan untuk selalu dipindahkan sesuka hati, maka cara untuk mengamankannya dari serbuan rayap adalah dengan menjemurnya. Jemur alat atau barang furniture yang dirasa rentan dihinggapi rayap di luar ruangan minimal 1 kali 2 minggu.

Dengan begitu, jamur-jamur pengundang rayap akan segera hilang dan rayap pun akan enggan untuk bersarang di sana. Selain dengan menjemurnya, lakukan pula pernis ulang pada furniture agar celah-celah yang rentan untuk dimasuki rayap akan tertutup.

3. Manfaatkan Daun Salam

Jika tidak ingin repot memindahkan barang-barang rumah, mungkin bisa menggunakan alternatif yang satu ini. Manfaatkan daun salam untuk menghindari barang-barang dari serangan rayap yang membandel. Ini mungkin terbilang cukup mudah karena daun salam bisa didapatkan di sekitaran rumah atau dijual di pasaran.

Kumpulkan daun salam tersebut lalu cuci dengan bersih, dan taruhlah di tempat-tempat yang strategis yang memungkinkan rayap untuk bersarang. Rayap tidak akan menyukai bau daun salam yang menyengat, maka dari itu, rayap-rayap di rumah akan enggan untuk datang dan bersarang.

Selain daun salam, alternatif lainnya yang juga ampuh mengusir rayap adalah daun cemangi. Bukan hanya untuk bumbu dapur, daun cemangi juga terbilang efektif untuk mengusir rayap dari rumah.

4. Hindari Genangan Air

Coba periksa pekarangan rumah, apakah ada genangan air yang tersisa? Rayap sangat suka wilayah yang lembab dan penuh genangan air. Jika di sekitaran rumah banyak genangan air, maka cobalah untuk membersihkannya. Periksa pula atap-atap rumah yang bocor, biasanya genangan air sering berada di sana dan kerap mengundang rayap untuk bersarang.

5. Tutup Semua Retakan di Rumah

Cobalah untuk memeriksa kondisi rumah Anda, apakah terdapat retakan? Biasanya rayap akan sering masuk dan bersarang lewat retakan tersebut. Entah itu retakan tembok, kayu, atau aluminum. Jika mendapati sebuah retakan tersebut, cobalah sebisa mungkin untuk menutupnya.

Selain itu, hindari  pula kontak antara barang-barang seperi lemari dan kursi dengan tembok rumah. Biasanya, rayap bermula menjalar di tembok-tembok rumah, lalu berpindah ke tempat yang gampang diraihnya seperti kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *