Apa Itu Bitcoin Halving?

Apa Itu Bitcoin Halving?

admin September 2, 2021

Sebagai investor pada cryptocurrency tentu saja Anda harus mengetahui apa itu Bitcoin Halving? Karena proses ini menjadi sangat penting  mengontrol ketersediaan Bitcoin dalam blockchain.

Bitcoin Halving terjadi    ketika  nilai reward  berkurang setengahnya setelah  menambang 210.000 blok. Dengan perhitungan matematika,  kondisi ini terjadi setiap  4 tahun sekali.

Proses halving ini dilakukan untuk menjaga pasokan  Bitcoin yang  pada kali ini    hanya  berjumlah 21   juta keping yang kemungkinan akan  habis ditambang pada tahun 2140.

 

Bitcoin sendiri telah  tiga kali mengalami  halving  yaitu  pada  28 November 2012, 9 Juli 2017 dan yang terakhir adalah  11 Mei 2020. Peristiwa Bitcoin  Halving  berikutnya  diperkirakan terjadi pada  Maret  tahun 2024.

 

Mengenali Apa Itu Bitcoin Halving

 

Halving

Halving  sendiri  dilakukan untuk mengendalikan  penawaran yang didalamnya berlaku  hukum ekonomi. Menurut  hukum ini,  jika jumlah koin yang beredar terlalu besar dan cepat, maka akan terjadi surplus  yang akan mengakibatkan menurunnya nilai koin tersebut.

 

Bitcoin Halving

Blockchain adalah  kumpulan node yang  menjalankan perangkat lunak Bitcoin. Di dalam Blockchain tercatat seluruh riwayat transaksi yang menggunakan  Bitcoin. Transaksi yang terjadi di dalamnya dilindungi oleh enkripsi  sehingga tidak akan teridentifikasi oleh pihak lainnya.

Setiap Node akan menyimpan riwayat transaksi Bitcoin  dan bertanggung jawab  untuk  setiap transaksi. Dalam hal ini node  berhal untuk menyetujui atau menolak transaksi dalam jumlah tertentu.

Bitcoin halving adalah pecahan yang akan dimiliki sebagai reward  untuk setiap  verifikasi blok transaksi. Untuk mendapatkannya,  penambang harus memperbaharui  blockchainnya agar menajdi blok.

Sementara proof of work adalah algoritma konsensus  dimana semua pihak yang beroperasi  menyetujui transaksi yang terjadi di jaringan Bitcoin. Lalu, transaksi ditambahkan ke  blockchain dan diteruskan ke  node yang lain.

Efek Halving

Halving  ini akan mempunyai dampak meningkatkan nilai Bitcoin karena pasokan  Bitcoin baru akan dipotong menjadi setengah. Inilah  yang membuatnya menjadi langka sehingga membuat  nilai Bitcoin menjadi naik.

Kenaikan  tersebut akan  terjadi perlahan sampai mencapai puncaknya,  Sehingga pada akhirnya akan membentuk  support yang baru yang  nilainya akan lebih tinggi daripada  level support  sebelum halving.

 

Dengan artikel yang membahas apa itu Bitcoin Halving, apakah kini Anda  berani menangguk cuan dari investasi Bitcoin? Selamat berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *